Rabu, 16 Mei 2012

Memakmurkan Masjid


Seutuhnya diambil dari link di atas
03/29/2011


Bismillahirrahmanirrahiim 

Masjid adalah rumah Allah (baitullah) tempat bagi para kaum Muslimin dan muslimat untuk bisa mengerjakan shalat lima waktu, tempat beribadah, pusat kegiatan, dan lambang supremasi religius umat Islam. Tempat yang bisa menjadikan umat Islam menjadi satu dalam suatu ikatan aqidah, tanpa membedakan perbedaan mulai dari kedudukan, pangkat, harta, martabat dll. yang  bisa menjadikan suatu perbedaan yang pasti. Namun ketika kita sudah berada di dalam masjid mengerjakan shalat secara berjamaah, perbedaan – perbedaan yang ada menjadikan kita sama dan inilah yang membuat Islam menjadi rahmatanlil’alamin.

”Sesungguhnya yang memakmurkan masjid Allah hanyalah orang-orang yang beriman kepada-Nya dan hari kemudian, serta (tetap) mendirikan shalat, menunaikan zakat, dan tidak takut (kepada siapa pun), kecuali kepada Allah. Maka, mudah-mudahan mereka termasuk orang-orang yang mendapat petunjuk.” (QS Attaubah [9]: 18).
Memakmurkan Masjid

Begitu pentingnya kedudukan dan keutamaan masjid, Allah 'azza wa jalla menyebutkan kata masjid di dalam Al-Quran sampai 18 kali. Karena begitu tinggi dan agungnya kedudukan masjid dalam pandangan Allah, Allah menyandarkan kata masjid kepada diri-Nya sebagai bentuk pemuliaan dan pengagungan.

Di dalam suatu hadits dijelaskan yang diriwayatkan oleh Abu Hurairah ra., dari nabi SAW., beliau bersabda : “Tempat yang paling dicintai Allah dipermukaan bumi ini adalah Masjid dan tempat yang paling dibenci Allah adalah pasar.”(HR. Muslim).


Imam Qurthubi rahimahumullah berkata : “ maksud sabda Nabi 'Tempat dipermukaan bumi yang paling disukai oleh Allah adalah masjid' karena masjid merupakan tempat yang dikhususkan untuk mengerjakan ibadah – ibadah, dzikir, tempat berkumpulnya orang–orang mukmin, tempat menampakkan syiar-syiar agama, serta sebagai tempat yang didatangi oleh para malaikat.

Sebagai umat Islam yang baik, tentu kita tidak ingin kehilangan kesempatan dan moment agung ini. Namun demikian, kita juga tidak bisa memungkiri bahwa tidak semua Muslim tahu apa saja yang dapat diperbuatnya terhadap masjid dan ketika berada didalam masjid dalam rangka memaksimalkan menfaat dunia dan akhirat.

Inilah yang membuat kita sebagai umat Islam seharusnya bisa  menjadikan fungsi dan kegunaan masjid dengan sebaik - baiknya, karena keberadaan kita di Masjid akan bisa lebih mendekatkan diri kita kepada Allah dengan mengerjakan apa yang diperintahNya serta menjauhi larangan- laranganNya.

Kenapa kita harus memakmurkan Masjid ?

Hal pertama yang dilakukan Rasulullah SAW ketika sampai di Madinah dalam rangkaian hijrahnya adalah membangun masjid. Dari sini, kita dapat mengambil pelajaran betapa pentingnya posisi masjid dalam perjuangan kaum Muslim. Masjid itulah yang mengawali perjuangan Rasulullah SAW dan para sahabat dalam menyebarkan risalah Islam.

Sudah selayaknya kita sebagai Muslim yang senantiasa mengharap ridha-Nya dan mengaku cinta akan risalah – risalah yang dibawa oleh Nabi Muhammad, berlaku sebagaimana yang pernah dicontohkan nabi, beliau tahu dan mengisyaratkan kepada kita semua agar umat Islam pada umumnya mau dan bisa menjadikan Masjid sebagai sarana penyatu umat dan memahami arti penting dan keutamaan berada di Masjid. Allah pun berfirman dalam Surat At-taubah ayat 18 bahwa kita sebagai orang beriman diperintahkan untuk senantiasa memakmurkan masjid, menjadikan masjid sebagai tempat yang dituju ketika sedang beribadah dimana saja, karena masjid juga yang dapat menentramkan hati-hati kita. Dan mudah – mudahan kita termasuk sebagai orang – orang yang mendapat petunjuk dari Allah.

Kemudian, Sudahkah Kita memahami fungsi masjid sebagai sebagai sarana untuk bisa mendekatkan diri kepada Allah? Sudahkah kita memenuhi panggilan Allah untuk bisa menghadiri terhadap apa – apa yang telah Dia perintahkan? Mudah – mudahan Allah senantiasa meringankan langkah kaki kita untuk selalu bisa menuju ke masjid dalam rangka menjadi seorang  muslim yang sempurna. Amin yaa rabbal ‘alamin.

Keutamaan memakmurkan Masjid

Shalat berjamaah di masjid mengandung banyak keutamaan, di antaranya adalah banyaknya pahala yang akan didapat, sebagaimana penjelasan hadis dari Ibnu Umar r.a, ia menceritakan, ”Shalat berjamaah lebih utama dari shalat sendirian dengan 27 derajat” HR Bukhori dan Muslim)


Shalat berjamaah di masjid dapat mengikat persaudaraan di antara umat Islam. Di zaman moderen yang penuh dengan aktivitas dan kesibukan ini, bertemu dengan teman-teman seakidah, khususnya di lingkungan kita, sangatlah sulit. Akan tetapi, dengan adanya shalat berjamaah pada saat tiba waktu shalat lima waktu, kendala dan kesulitan tersebut seakan menjadi sirna. Di masjid atau mushalla, umat Islam bertemu satu sama lainnya. Mereka saling bersalaman dan bertegur sapa setelah melaksanakan aktivitas kerja di siang hari. Dengan demikian, ukhuwah dapat terjaga.

1.       Dianggap Allah sebagai tetangga:Nanti di hari kiamat, Allah bertanya kepada para malaikat: ”Mana tetangga-Ku?” Malaikat menyahut: ”Siapakah gerangan orang yang patut menjadi tetangga-Mu”. Allah menjawab: ”Dimana itu orang orang yang senang membaca Al-Quran dan orang orang yang suka meramaikan masjid?” (Hadis Qudsi Riwayat Abu Naim, dari Abi Sa’id)
2.       Menghindarkan azab:Sesungguhnya Aku ingin mengazab para penduduk bumi. Tetapi bila Aku melihat kepada para pengunjung masjid, dan orang orang yang memohon ampunan diwaktu malam menjelang fajar, maka Aku hindarkan azab Ku dari mereka” (Hadis Qudsi Riwayat Baihaqi dari Anas)
3.       Menghapus Dosa dan Mangangkat Derajat:Nabi SAW bersabda: ”Barangsiapa bersuci di rumahnya, kemudian dia pergi ke salah satu rumah Allah (masjid) untuk menunaikan salah satu dari kewajiban-kewajiban Allah (shalat), maka langkah-langkahnya yang satu dapat menghapus dosa, dan yang lain dapat mengakat derajadnya” (Hadis Riwayat Abu Hurairah ra)

Demikianlah, semoga Allah senantiasa memberikan hidayah dan mencurahkan rahmat Nya kepada seluruh kaum muslimin. Dan memberi kita kemudahan untuk senantiasa meramaikan masjid dengan ikhlas karena Allah. Aamiin.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar